Apa Alasan Utama Ignition Timing Harus Diatur/diubah Pada Tiap Kondisi Mesin Yang Berbeda?

Klik Disini

Apa alasan utama ignition timing harus diatur/diubah pada tiap kondisi mesin yang berbeda?

Klik Disini
  1. Agar percikan api terjadi setelah Top Dead Center (TDC)
  2. Agar percikan api terjadi sebelum Top Dead Center (TDC)
  3. Agar tekanan pembakaran maksimal terjadi tepat di Top Dead Center (TDC)
  4. Agar tekanan pembakaran maksimal selalu terjadi sesaat setelah Top Dead Center (TDC)
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. Agar percikan api terjadi sebelum Top Dead Center (TDC).

Klik Disini

Dilansir dari Ensiklopedia, apa alasan utama ignition timing harus diatur/diubah pada tiap kondisi mesin yang berbeda Agar percikan api terjadi sebelum Top Dead Center (TDC).

Pembahasan dan Penjelasan

Klik Disini

Menurut saya jawaban A. Agar percikan api terjadi setelah Top Dead Center (TDC) adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Agar percikan api terjadi sebelum Top Dead Center (TDC) adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban C. Agar tekanan pembakaran maksimal terjadi tepat di Top Dead Center (TDC) adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Agar tekanan pembakaran maksimal selalu terjadi sesaat setelah Top Dead Center (TDC) adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Agar percikan api terjadi sebelum Top Dead Center (TDC).

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.