Bacalah Teks Paragraf Berikut! Merdeka.com – Dalam Kehidupan Tata Surya, Tentu Saja Selalu Ada Berbagai Fenomena-fenomena Alam Yang Menyuguhkan Pemandangan Yang Menakjubkan. Fenomena-fenomena Alam Ini Bisa Terjadi Setiap Periode Waktu Tertentu, Maupun Hanya Terjadi Setahun Sekali. Salah Satu Fenomena Alam Langka Yang Hanya Muncul Satu Tahun Sekali Adalah Gerhana Matahari Total. Fenomena Gerhana Matahari Total Sendiri Terjadi Ketika Matahari, Bulan, Dan Bumi Berada Dalam Satu Garis Lurus. Di Sini, Posisi Bulan Akan Menutupi Matahari Secara Penuh. Sehingga Bagi Manusia Yang Tinggal Di Bumi Akan Melihat Cahaya Matahari Yang Tiba-tiba Hilang Sejenak. Tidak Heran Jika Pada Fenomena Ini, Bumi Akan Menjadi Gelap Seperti Malam Hari. Ringkasan Yang Tepat Berdasarkan Teks Tersebut Adalah?

Klik Disini

Bacalah teks paragraf berikut! Merdeka.com – Dalam kehidupan tata surya, tentu saja selalu ada berbagai fenomena-fenomena alam yang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Fenomena-fenomena alam ini bisa terjadi setiap periode waktu tertentu, maupun hanya terjadi setahun sekali. Salah satu fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Di sini, posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh. Sehingga bagi manusia yang tinggal di bumi akan melihat cahaya matahari yang tiba-tiba hilang sejenak. Tidak heran jika pada fenomena ini, bumi akan menjadi gelap seperti malam hari. Ringkasan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah?

Klik Disini
  1. Fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Sehingga bagi manusia yang tinggal di bumi akan melihat cahaya matahari yang tiba-tiba hilang sejenak
  2. Fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus dan posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh
  3. Dalam kehidupan tata surya, tentu saja selalu ada berbagai fenomena-fenomena alam yang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Fenomena-fenomena alam ini bisa terjadi setiap periode waktu tertentu, maupun hanya terjadi setahun sekali
  4. Fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Tidak heran jika pada fenomena ini, bumi akan menjadi gelap seperti malam hari
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. Fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus dan posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh.

Klik Disini

Dilansir dari Ensiklopedia, bacalah teks paragraf berikut! merdeka.com – dalam kehidupan tata surya, tentu saja selalu ada berbagai fenomena-fenomena alam yang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. fenomena-fenomena alam ini bisa terjadi setiap periode waktu tertentu, maupun hanya terjadi setahun sekali. salah satu fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. di sini, posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh. sehingga bagi manusia yang tinggal di bumi akan melihat cahaya matahari yang tiba-tiba hilang sejenak. tidak heran jika pada fenomena ini, bumi akan menjadi gelap seperti malam hari. ringkasan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah Fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus dan posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh.

Pembahasan dan Penjelasan

Klik Disini

Menurut saya jawaban A. Fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Sehingga bagi manusia yang tinggal di bumi akan melihat cahaya matahari yang tiba-tiba hilang sejenak adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus dan posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban C. Dalam kehidupan tata surya, tentu saja selalu ada berbagai fenomena-fenomena alam yang menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Fenomena-fenomena alam ini bisa terjadi setiap periode waktu tertentu, maupun hanya terjadi setahun sekali adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban D. Fenomena gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Tidak heran jika pada fenomena ini, bumi akan menjadi gelap seperti malam hari adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Fenomena alam langka yang hanya muncul satu tahun sekali adalah gerhana matahari total. Gerhana matahari total sendiri terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus dan posisi bulan akan menutupi matahari secara penuh.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.